RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 06 Pagi Jakarta Utara
Kelas/Semester : V / 1
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari/Tanggal : Selasa, 21 Septembe 2016
Alokasi waktu : 3 x 35 menit
(1 x pertemuan)

STANDAR
KOMPETENSI
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca
cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
KOMPETENSI DASAR
3.3. Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
INDIKATOR
1. Menentukan jeda dan penggalan kata dengan tepat
2. Membaca puisi dengan
lafal dan intonasi yang tepat
3. Membuat puisi dengan
pemilihan kata dengan tepat
4. Membaca puisi karangan
sendiri di depan kelas dengan jeda, lafal, penghayatan dan intonasi yang tepat
ASPEK
Membaca
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pemberian contoh
cara membaca puisi, siswa mampu membaca puisi dengan lafal dan intonasi dengan
benar.
2. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menentukan jeda dan penggalan kata dengan
tepat.
3. Melalui bimbingan dari guru, siswa mampu membuat puisi dengan pemilihan
kata dengan benar.
4. Melalui membaca puisi, siswa mampu menentukan jeda, lafal, penghayatan dan intonasi dengan
benar.
II. MATERI POKOK
Membaca puisi
III. LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1
|
Kegiatan Awal
· Salam
· Absensi
· Apersepsi
Guru menanyakan keadaan siswa setelah istirahat
· Eksplorasi materi
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini
· Eksplorasi tujuan
Guru menjelaskan tujuan belajar yang akan dicapai dan langkah kegiatan
belajar yang dilakukan siswa
|
Klasikal
|
5 menit
5 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi tentang puisi
· Guru menunjukkan media puisi
· Guru memberikan contoh cara membaca puisi kepada
siswa
· Siswa memperhatikan dan menirukan
cara membaca puisi.
· Siswa dibentuk dalam beberapa
kelompok masing-masing 3 - 5 orang
· Guru membagikan LKK untuk dikerjakan
· Siswa secara berkelompok, menentukan jeda
atau penggalan kata yang tepat.
· Dengan bimbingan guru, siswa membuat
puisi dengan tema yang telah ditentukan guru
· Siswa membacakan puisi dengan jeda, lafal, penghayatan dan intonasi dengan tepat.
· Semua siswa mengumpulkan LKK yang
telah diberikan oleh guru
|
Klasikal
Klasikal
Individu
Kelompok
Kelompok
Individu
|
10 menit
5 menit
10 menit
5 menit
10 menit
15 menit
15 menit
10 menit
|
3
|
Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa membuat
kesimpulan hasil belajar
· Guru memberikan penguatan kepada
siswa atas kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
· Guru mengadakan refleksi tentang
hasil belajar yaitu amenanyakan kesan dan pesan dari
siswa sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran berikutnya
· Guru meminta siswa mengembalikan
posisi duduk kebentuk semula
· Ucapan salam
|
Klasikal
|
5 menit
10 menit
|
IV. METODE DAN MODEL
PEMBELAJARA
Teknik Pembelajaran : Diskusi dan penugasan
Model
Pembelajaran : Diskusi kelompok
V. MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
· MEDIA
- Puisi
· SUMBER BELAJAR
- Suyatno, H. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
VI. PENILAIAN
a. Prosedur : Proses dan Produk
b. Teknik
penilaian : tulis, lisan,
c. Bentuk
penilaian : Subjektif
d. Alat
penilaian : LKK, kunci jawaban LKK, lembar
pengamatan dan lembar hasil
Blitar,
.............................
|
Gerbang SD Turi 1
Gerbang sekolahku
Yang terdiri dari
beberapa batang besi
Dicat dengan warna biru
Sudah dilewati oleh
banyak orang
Walau hanya sebuah pagar
besi biru
Engkau menjadi awal yang
indah
Bagiku untuk injakkan
kaki di sekolah ini
Awal dari sejarah
peristiwaku
Oh gerbang
Tanpa kau
Kapan ku harus dapat
Mengawali semua peristiwa
ini
2. Buatkan sebuah puisi
dengan tema “Pendidikan”
Tulislah puisi dibelakang lembaran ini….
Kunci jawaban LKS
Gerbang SD Turi 1
Gerbang /sekolahku/
Yang terdiri dari
/beberapa batang besi/
Dicat /dengan /warna
biru//
Sudah /dilewati /oleh
/banyak orang//
Walau hanya /sebuah pagar
besi biru/
Engkau /menjadi awal
/yang indah//
Bagiku /untuk /injakkan
kaki /di sekolah ini/
Awal dari /sejarah
/peristiwaku//
Oh gerbang/
Tanpa kau/
Kapan ku /harus dapat/
Mengawali /semua
/peristiwa ini//
Lembar Penilaian
Lembar Penilaian
Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
Proses
(NP)
|
||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||
Deskriptor
1.
Keaktifan (N1)
v Jika siswa aktif
mengikuti PBM
v Jika siswa kurang aktif
mengikuti PBM
v Jika siswa tidak aktif
dalam mengikuti PBM
2. Kerjasama
(N2)
v Jika siswa dapat
bekerjasama dengan baik bersama kelompoknya
v Jika siswa kurang dapat
bekerjasama dengan baik bersama kelompoknya
v Jika siswa tidak dapat
bekerjasama dengan baik bersama kelompoknya
3.
Ketepatan (N3)
v Jika siswa dapat menjawab
pertanyaan dengan tepat
v Jika siswa kurang dapat
menjawab pertanyaan dengan tepat
v Jika siswa tidak dapat
menjawab pertanyaan dengan tepat
Lembar
Penilaian Hasil
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
||
9.
|
||
10.
|
||
11.
|
||
·
Penilaian Hasil
Penilaian dari tugas mandiri yaitu membuat
puisi
Landasan teori ( strategi dan metode pengajaran bahasa )
1.
Hakikat pendekatan pembelajaran student centre. Setelah siswa membuat sebuah puisi kemudian
siswa langsung membacakan puisinya di kelas.
2. Hakikat
pendekatan pembelajaran bahasa komunikatif .siswa membacakan puisi didepan
kelas
3. Hakikat
startegi pembelajaran cooperative learning. Siswa berkelompok mengerjakan lkk
dan membuat puisi sesuai dengan tema yang diberikan guru.
4. Hakikat
metode pembelajaran linguistic . Siswa
dilatih untuk penguasaan kata jedah, irama, pengucapan dengan benar
5. Hakikat
teknik pembelajaran diskusi dan penugasan. Siswa berkelompok mengerjakan lkk
dan membuat puisi, kemudian dibacakan di depan kelas.
6.
Hakikat media pembelajaran adalah media
pembelajaran visual .Guru memeberikan puisi untuk di diskusikan oleh siswa .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar